Profil Lembaga Pengembangan Pendidikan

Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D

Kepala LPP UMY

Contoh Gambar

Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lahir pada tahun 2012 dengan tekad untuk mengokohkan kualitas pendidikan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lembaga ini dipimpin oleh kepala LPP yang didukung oleh tiga divisi, masing-masing memainkan peran strategis. Divisi Kurikulum dan Pengembangan Strategi Pembelajaran bertanggungjawab untuk merancang kurikulum berbasis outcome/luaran dan mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Students-centered Learning). Sementara itu, Divisi Manajemen Mutu Pendidikan fokus pada peningkatan mutu pembelajaran, serta Divisi Pembelajaran Jarak Jauh dan Kampus Merdeka bertugas untuk mengembangkan pendidikan jarak jauh dan menerapkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka.LPP UMY menjalankan tanggung jawabnya sejalan dengan tantangan dan perkembangan zaman. Lembaga ini secara progresif beradaptasi dengan dinamika pendidikan dan kebutuhan mahasiswa di era modern. LPP memainkan peran vital dalam menanggapi perubahan-perubahan ini. Inovasi pendidikan melalui kurikulum berbasis outcome/luaran, student-centered learning baik dalam konteks pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran daring, serta penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam rangka meningkatkan keterserapan kerja lulusan mengkonfirmasi posisi LPP yang tidak hanya menjadi pengawal kualitas pendidikan tetapi juga pelaku inovasi dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan pendidikan kontemporer. Melalui tugas-tugasnya, LPP UMY menjadi ujung tombak dalam mengokohkan proses pendidikan di UMY. Ikhtiar ini melibatkan upaya dalam meningkatkan kualitas kurikulum, mengembangkan kemampuan dosen dalam memberikan pembelajaran yang berkualitas, dan memastikan lulusan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Sebagai lembaga pendidikan yang progresif, LPP UMY mengusung semangat untuk memajukan mutu pendidikan dengan cara yang holistik dan berkelanjutan. Top of Form Dengan demikian, LPP UMY bukan hanya sekadar lembaga yang pengawal kualitas pendidikan tetapi juga menjadi garda terdepan dalam merancang dan mengimplementasikan metode pembelajaran yang relevan dan adaptif. Keseluruhan tugas dan upaya LPP mengkonfirmasi bahwa lembaga ini tidak hanya menjawab tantangan pendidikan masa kini tetapi juga menjadi agen perubahan yang signifikan dalam mencetak generasi mahasiswa yang siap bersaing dan berkontribusi dalam masyarakat dan dunia kerja. Kepala LPP UMY.

VISI & MISI

VISI

Menjadi supporting unit di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di bidang pengembangan pembelajaran dan ranah pendidikan tinggi yang unggul, profesional, dan Islami secara nasoional dan internasional.

MISI

  1. Melaksanakan pengembangan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui berbagai kegiatan kajian ilmiah pengembangan pendidikan tinggi terkini.
  2. Meningkatkan peran serta dalam upaya pelayanan dan pemberdayaaan masyarakat dalam mengembangkan pendidikan tinggi melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan profesional