Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) adalah pendekatan pendidikan yang menitikberatkan pada capaian pembelajaran yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan suatu program studi. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, industri, dan perkembangan global.
Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendukung program studi dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum berbasis OBE. LPP memberikan panduan, pelatihan, dan pendampingan agar setiap program studi dapat menerapkan OBE secara optimal sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan standar akreditasi internasional.
a. Penyusunan profil lulusan sesuai visi dan misi program studi;
b. Identifikasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan pengaitannya dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
c. Penyusunan Peta Kurikulum untuk memastikan hubungan antara CPL, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
a. Pelatihan penyusunan RPS berbasis OBE yang memuat metode pembelajaran aktif dan asesmen berbasis hasil belajar;
b. Workshop desain penilaian (assessment) untuk mengukur ketercapaian CPL dan CPMK.
a. Analisis relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan;
b. Peninjauan kurikulum secara periodik untuk memastikan kesesuaian dengan standar akreditasi dan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders).
a. Monitoring pelaksanaan kurikulum berbasis OBE di Kelas;
b. Evaluasi hasil belajar mahasiswa untuk menilai efektivitas kurikulum.
Lembaga Pengembangan Pendidikan UMY
Gedung AR. Fachruddin A Lantai 2
Kampus Terpadu UMY
Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183.
Operasional Kantor:
Senin 08.00 – 15.00 WIB
Selasa 08.00 – 15.00 WIB
Rabu 08.00 – 15.00 WIB
Kamis 08.00 – 15.00 WIB
Jum’at 08.00 – 15.00 WIB
Sabtu 08.00 – 13.00 WIB