Profil

Lembaga Pengembangan Pendidikan UMY berdiri sejak tahun 2012. Berdirinya LPP adalah wujud respon proaktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menghadapi berbagai tantangan baik nasional maupun internasional. Secara nasional, penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dilanjutkan dengan Kurikulum Perguruan Tinggi meniscayakan proses pendidikan sebagai sektor yang paling penting dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing. LPP, dalam konteks ini, berposisi strategis karena salah satu tugas pentingnya adalah membantu semua program studi untuk menerapkan Kurikulum Perguruan Tinggi secara komprehensif. Tugas strategi lainnya adalah membangun pendekatan pembelajaran yang berbasis siswa (student-centered learning).

Secara internasional, kualitas universitas yang diakui secara internasional semakin menjadi kebutuhan bagi perguruan tinggi, termasuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Secara internasional, misalnya, kualitas perguruan tinggi dapat diukur dengan QS Stars dimana domain proses pendidikan dan pengajaran menjadi elemen penting yang dinilai. Pada titik inilah LPP memiliki peran penting untuk membantu keseluruhan proses pendidikan dan pengajaran di Umy menjadi proses yang berkualitas unggul, sehingga semua program studi produktif dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang berdaya saing nasional dan internasional.

Untuk mewujudkan idealisasi ini, LPP menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti pelatihan penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT), monitoring KPT, pelatihan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi para dosen, monitoring RPS, evaluasi proses belajar dan mengajar dan evaluasi penerapan KPT.